BERSPEKULASI DENGAN UANG DIGITAL BITCOIN

Saat ini perkembangan bitcoin sangatlah pesat, bahkan setiap orang berlomba-lomba untuk mendapatkan bitcoin. Bitcoin adalah mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Berbeda dengan mata uang resmi seperti Rupiah, Ringgit, Yen, atau Dollar. Bitcoin ini tidak memiliki bentuk yang nyata melainkan hanya dalam bentuk digital. Bitcoin dikembangkan dengan idealisme bahwa mata uang yang baik tidak dikontrol oleh pemerintah atau bank sentral. 

Namun permasalahan yang akan muncul apakah bitcoin ini aman sebagai sarana untuk investasi? jawabannya adalah bisa aman dan juga bisa tidak.  Sama dengan ketika anda menyimpan logam mulia untuk investasi di rumah anda, tentunya bisa dikatakan aman jika anda menyimpannya di tempat yang memang benar-benar hanya anda yang tahu dimana anda menyimpannya, dan sebaliknya bisa menjadi tidak aman jika ada orang asing yang tahu bahwa anda menyimpan logam mulia di rumah anda. Begitu juga dengan uang digital bitcoin ini, jika anda menyimpannya dengan benar dan tidak ada hacker-hacker nakal yang tau bahwa anda sedang menyimpan bitcoin dalam jumlah yang besar maka tentu uang digital bitcoin anda akan aman, namun jika sudah ada hacker yang mengetahui bahwa anda sedang menyimpan bitcoin maka berbagai cara dapat mereka lakukan untuk mendapatkan bitcoin anda tersebut salah satunya dengan menyebarkan virus di komputer anda.

Kembali pada awal, bahwa bitcoin ini tidak dikontrol oleh pemerintah ataupun bank sentral maka pergerakan harga bitcoin ini sendiri fluktuasinya tidak terkontrol, bahkan sejak awal tahun 2017 saja harga bitcoin sudah melonjak hingga 1000%. Tentu sangat menggiurkan bagi orang-orang yang sangat senang untuk berspekulasi. Seperti yang diketahui juga bahwa bitcoin saat ini dibatasi hanya sampai 21 juta bitcoin maka pastinya orang-orang akan berlomba-lomba untuk mendapatkan bitcoin ini akibatnya harganya juga akan semakin tinggi dimana dalam hukum permintaan ketika permintaan yang tinggi maka secara langsung akan berpengaruh juga pada peningkatan harga bitcoin itu sendiri.

Namun yang namanya berspekulasi juga ada kemungkinan bahwa harga bitcoin jatuh ke nilai yang terendah, terlebih saat ini berbagai negara telah melakukan pelarangan bagi masyarakatnya untuk berinvestasi dengan uang digital bitcoin ini, karena tidak adanya jaminan yang dapat diberikan maka mungkin saja uang yang telah kita investasikan ke bitcoin ini akan hilang.

Untuk itu sudah saatnya bagi kita untuk memikirkan kembali jika anda memutuskan untuk investasi ke bitcoin, akan lebih baik jika anda berinvestasi melalui pasar modal yang telah diakui dan dijamin oleh Otoritas Jasa Keuangan dan juga Bursa Efek Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemindahan Ibukota Indonesia

KENAPA NEGARA TIDAK MENCETAK UANG SEBANYAK-BANYAKNYA UNTUK MEMBERANTAS KEMISKINAN ATAU MEMBAYAR HUTANG?

Perkembangan Inflasi di Indonesia Pada Era Jokowi