Perkembangan Inflasi di Indonesia Pada Era Jokowi


(Bandar Lampung, 23 Juli 2017) Sebelum panjang lebar membahas pemerintahan pada saat ini, saya akan memulai dari segi definisi terlebih dahulu. Untuk orang yang bergelut dalam bidang ekonomi tentunya sudah mengetahui apa itu Inflasi. Jadi Inflasi itu adalah meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus (Bank Indonesia, 2017).

So... jika dikaitkan dengan definisi Inflasi dari Bank Indonesia tersebut, Inflasi itu hanya dapat terjadi ketika "banyak" barang yang mengalami kenaikan dan kenaikannya itu terjadi terus menerus. Indikator inflasi itu apa? indikatornya adalah IHK (Indeks Harga Konsumen) yang mana IHK itu di monitoring terus oleh BPS (Badan Pusat Statistik) setiap bulan  di beberapa kota, di pasar tradisional dan modern terhadap beberapa jenis barang/jasa di setiap kota.

Kita sudah tau inflasi itu apa dan apa juga indikatornya. Selanjutnya bagaimana perkembangan inflasi pada masa pemerintahan Joko Widodo saat ini?

Perkembangan Inflasi Indonesia Pemerintahan Jokowi November 2014 - Juni 2017

Sumber : Bank Indonesia, 2017

Dapat dilihat pada grafik itu paling ekstrim terjadi pada masa transisi pemerintahan dari Bapak SBY ke Bapak Joko Widodo tepatnya pada bulan desember 2014, jika kita mengingat kembali pada tahun 2014 dimana pada saat itu adanya kenaikan harga BBM bersubsidi  pada bulan November 2014 sehingga berdampak pada inflasi di bulan Desember 2014. 

Namun nampaknya hal itu dapat diatasi oleh pemerintah dengan semakin menurunnya inflasi yang terjadi yang sampai Juni 2017 terus mengalami fluktuasi namun cenderung mengalami penurunan. 

Kebijakan demi kebijakan dikeluarkan oleh pemerintah guna untuk mengendalikan harga sehingga tidak terjadi hyperinflasi. Salah satu kebijakan pemerintah dalam mengendalikan harga adalah dengan membentuk "Satgas Pangan" pada saat bulan Ramadhan
kemarin. satgas yang dibentuk gabungan dari institusi, lembaga dan kementerian ini dampaknya cukup baik. Dimana pada saat ramadhan tahun 2017 ini kita tidak terlalu banyak dihebohkan dengan berita-berita pelonjakan harga barang-barang pokok dan Inflasi juga cenderung terkendali hampir sama dengan inflasi yang terjadi pada bulan sebelumnya (dapat dilihat kembali pada grafik).

dan kita berharap inflasi di Indonesia akan dapat semakin terkendali sehingga daya beli masyarakat di Indonesia akan dapat terus meningkat sehingga dapat menunjang juga pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan. (HnS)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemindahan Ibukota Indonesia

KENAPA NEGARA TIDAK MENCETAK UANG SEBANYAK-BANYAKNYA UNTUK MEMBERANTAS KEMISKINAN ATAU MEMBAYAR HUTANG?